23 November 2015

Posted by rainbow | File under :
Pepak Basa Jawa, pepak itu dalam bahasa jawa artinya lengkap. Pepak Belajar Bahasa Jawa adalah kamus belajar bahasa jawa yang isinya berupa konten edukatif tentang materi dalam bahasa jawa. Terdiri dari Kosakata, Aksara Jawa dan Jenisnya serta berbagai istilah dalam bahasa jawa.
Di dalam buku Pepak Basa Jawa dimuat “Rupa-rupa kawruh” sebuah kekayaan Bahasa Jawa dimana hampir semua hal diberi nama. Pepak Basa Jawa memiliki tampilan edukatif yang menarik untuk anak anak usia dasar dalam mempelajari bagaimana bahasa jawa yang baik dan benar. Misal, kalian yang hanya mengenal Bahasa Indonesia, ketika menyebut anak macan adalah "anak macan". Sedangkan di Bahasa Jawa anak macan disebut sebagai gogor seperti dalam bahasa inggris disebut sebagai cub.



Selain Rupa-rupa kawruh, ada jugaParamasastra’ semacam grammar-nya Bahasa Jawa. Lalu “Kawruh Basa” yang memuat tingkatan bahasa dan penggunaannya, disambung dengan “Kasusastran” yang banyak bicara tentang paribahasa, sanepan (pengandaian) serta tembang macapat. Serta Huruf Jawa atau yang lebih dikenal sebagai Hanacaraka.
Buku Pepak Basa Jawa di daerahnya sendiri malah harus puas untuk hanya dijual di pinggir jalan lengkap dengan debu maupun asap kendaraan. Penulis dan penerbit Pepak Basa Jawa juga harus puas ketika satu buku hanya patut dihargai sebesar delapan ribu rupiah saja, bayangkan harga itu jika dibandingkan dengan buku-buku bahasa asing di toko buku besar di dalam mall yang berAC dan kedap debu serta bebas dari polusi udara.
Mari kita lestarikan bahasa daerah..

0 komentar:

Posting Komentar